Jumat, 23 Maret 2012

Kulit buah bermanfaat juga Lohh..


Kulit buah-buahan yang kita makan, kadang kita buang begitu saja.Tetapi tahukah anda??? bahwa ada khasiat yang lebih besar dari daging buah itu sendiri...
Berikut saya ingin berbagi pengetahuan tentang kulit buah yang bisa dimanfaatkan:

  • Kulit manggis

Kulit buah manggis ini dapat menghasilkan senyawa xanthone, yaitu zat yang terbentuk dari hasil isolasi kulit buah manggis. Kadarnya mencapai 123,97 mg per ml. Xanthone mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Senyawa xanthone dapat menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel sehingga proses degenerasi sel terhambat. Apalagi zaman sekarang, kita sudah banyak terkontaminasi oleh bahan-bahan kimiawi, bahan polutan dan bahan tiruan, dan itu semua sudah tak terelakkan lagi. Selain itu Xanthone bukan hanya sebagai antioksidan, tetapi juga antikanker. Belakangan ini para ilmuwan juga sedang melakukan uji potensi kulit manggis sebagai obat HIV. 
  • Kulit Semangka

Kulit semangka memiliki efek lebih baik daripada semangka itu sendiri.  Kulit semangka dapat membantu mengurangi tekanan darah. Anda dapat menggunakan kulit semangka untuk membersihkan wajah Anda sehingga membuat kulit Anda halus dan menghilangkan kotoran pada kulit. Anda akan merasa sangat segar setelah membersihkan kulit dengan kulit semangka. Bahkan dengan memakan kulit semangka dipercaya bisa memutihkan kulit
  • Kulit Ketimun

Kulit mentimun mengandung asam caffeic yang dapat melawan bakteri dan merangsang sel darah putih. Makan timun dengan kulitnya dapat mengurangi rasa sakit sakit tenggorokan dan mengobati tenggorokan bengkak. Ia juga memiliki efek kecantikan. Kebanyakan wanita menggunakan sebuah irisan ketimun untuk membersihkan wajah atau sebagai penutup di mata untuk menyegarkan mata setelah jam bekerja di komputer.
  • Kulit Pisang

Kulit Pisang bisa melawan bakteri. Dalam pengobatan tradisional Tiongkok digunakan untuk mengobati gatal kulit karena peradangan bakteri. Menggosok tangan dan kaki dengan kulit pisang dapat mencegah dan mengobati gigitan hawa dingin. 
  • Kulit Apel

Kulit Apel dapat menghilangkan dahak dari tenggorokan Anda. Caranya, campur 30 gram segar kulit apel dengan air dan minum sebagai teh.- Kulit apel kering yang telah dihaluskan,  bermanfaat untuk mengobati diare kronis. Caranya ambil 15 gram seduh dengan air hangat, minum 2-3 kali sehari pada waktu perut kosong. Cara ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah darah tinggi.
  • Kulit Pir

Kulit pir adalah makanan terbaik bagi paru-paru Anda. Rebus 30 gram kulit pir setengah jam atau lebih, dan minum sup ini. Ini akan mengurangi batuk dan menghilangkan dahak.- Kulit Pir juga bisa mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit. Caranya, usapkan kulit pir tumbuk  pada kulit yang mengalami peradangan.
  • Kulit Jeruk 

o    Kulit jeruk Bali Pengusir Batuk dan Asma
Siapa sangka kulit jeruk bali bermanfaat untuk mengusir batuk membandel, dahak dan menekan asma. Caranya , campurkan irisan kulit jeruk bali , tambahkan beberapa gula, madu, cokelat dan kukus selama sekitar 30 menit. Kemudian tambahkan sedikit anggur kuning (yellow wine) hangat. Ambil satu sendok di pagi hari dan kembali di malam untuk mengobati batuk bandel dan asma.
o    Kulit Jeruk Untuk Menambah Nafsu Makan
Minum teh kulit jeruk kering ternyata juga dapat merangsang nafsu makan anda, dan membuat tubuh terasa lebih energik. Caranya cukup seduh kulit jeruk kering dengan air panas, dan minum seperti teh pada umumnya.
Selain itu, kulit jeruk kering juga dapat mengurangi tekanan darah, mengusir dahak, meredakan batuk, memperkuat limpa. Kulit jeruk kering mengandung bahan yang dapat memperluas koroner saluran untuk mencegah penyumbatan sirkulasi darah.
  • Kulit Mangga

Bukan hanya daging buahnya yang bisa dinikmati. Kulit buah mangga juga bisa dimanfaatkan sebagai pengelupasan kulit dan peremajaan, karena kandungan AHA (Alpha Hydroxyl Acids).

o   Sebagai obat jerawat dan kecantikan wajah, gosokkan secara lembut kulit mangga pada wajah selama beberapa menit. Karena dapat membuat kulit tetap halus dan awet muda. Kandungan AHAnya bisa merangsang pergantian sel lebih cepat.
o   Kulit mangga yang digoreng merupakan obat yang mujarab untuk pendarahan yang berlebihan selama haid. Ambillah kulit mangga yang masih hijau warnanya, goreng dalam minyak yang sudah panas. Setelah masak, makanlah, ulangi sampai pendarahan itu berkurang.
o   Kulit mangga dapat dijadikan sebagai obat cacing untuk anak. Daya antihelmintik pada kulit mangga membantu mencegah penyakit cacing untuk anak-anak, Antihelmintik juga sangat ampuh untuk membunuh kuman dan bakteri dalam perut. Caranya: Rebus kulit mangga selama 15 menit maka zat antihelmintik di kulit mangga akan keluar. Ambil air rebusan kulit mangga dan taruh ke gelas untuk diminum. Rebusan kulit mangga ini sangat ampuh membunuh bakteri jahat di dalam perut. 

 Nahh.. masih banyak lagi manfaat kulit buah-buahan untuk kesehatan.. tapi coba dulu yang diatas lumayan buat obat gratis.. kan sayang tuh kalo di buang.. mending dimanfaatin hehee..

Sumber:
finunu.wordpress.com/tag/kulit-semangka/
http://obat-kanker.acepsuherman.biz/obat-herbal/khasiat-kulit-buah-manggis/ 
http://permenkopi.blogspot.com/2011/09/kulit-buah-buahan-yang-bermanfaat-bagi.html 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar