AIDA
Model AIDA
adalah salah satu model hirarki respon yang cukup popular bagi pemasar sebagai
pedoman dalam melaksanakan kegiatan pemasaran. Menurut model ini, alat promosi
harus menarik perhatian, mendapatkan dan mendorong minat, membangkitkan
keinginan, dan menghasilkan tindakan. Dalam membangun program komunikasi yang
efektif, aspek terpenting adalah memahami proses terjadinya respon dari
konsumen, misalnya dalam hal konsumen melakukan pembelian suatu produk, maka
diperlukan pemahaman mengenai usaha promosi yang dapat mempengaruhi respon
konsumen tersebut (Belch 1995:163 dalam Nurbenny 2005:38).
Teori
keputusan pembelian dalm model AIDA dijelaskan dalam empat tahap sebagai
berikut :
• Tahap Menaruh Perhatian (Attention)
• Tahap Ketertarikan (Interest)
• Tahap Berhasrat/Berniat (Desire )
• Tahap Memutuskan untuk aksi beli (Action)
• Tahap Menaruh Perhatian (Attention)
• Tahap Ketertarikan (Interest)
• Tahap Berhasrat/Berniat (Desire )
• Tahap Memutuskan untuk aksi beli (Action)
Teori AIDA (Tjetjep
Djatnika,2007) yang mendalilkan bahwa pengambilan keputusan pembelian adalah
suatu proses psikologis yang dilalui oleh Konsumen atau pembeli, prosesnya yang
diawali dengan tahap menaruh perhatian (Attention) terhadap barang atau jasa
yang kemudian jika berkesan dia akan melangkah ke tahap ketertarikan (Interest)
untuk mengetahui lebih jauh tentang keistimewaan produk atau jasa tersebut yang
jika intensitas ketertarikannya kuat berlanjut ke tahap berhasrat/berminat
(Desire) karena barang atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan
kebutuhan-kebutuhan-nya. Jika hasrat dan minatnya begitu kuat baik karena
dorongan dari dalam atau rangsangan persuasif dari luar maka konsumen atau
pembeli tersebut akan mengambil keputusan membeli (Action to buy) barang atau
jasa yang di tawarkan.
Sumber:
http://tutorialkuliah.blogspot.com/2009/11/teori-keputusan-pembelian-aida.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar