Sebelum
dan sesudah melakukan pembelian, seorang konsumen akan melakukan sejumlah
proses yang mendasari pengambilan keputusan, yaitu :
1. Pengenalan Masalah
Merupakan sebuah proses dimana
konsumen akan membeli sebuah produk sebagai solusi terhadap permasalahan yang
sedang dihadapinya. Konsumen tidak dapat menentukan prduk apa yang akan dibeli,
jika tidak ada pengenalan masalah yang muncul.
2. Pencarian Informasi
Merupakan sebuah proses lanjutan
dari pengenalan masalah, dimana konsumen tersebut akan termotivasi untuk
mencari informasi untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapinya.
Proses pencarian informasi tersebut dapat berasal dari dalam memori (internal)
maupun berdasarkan pengalaman orang lain (eksternal).
3. Mengevaluasi Alternatif
Merupakan sebuah proses lanjutan
dari pencarian informasi, dimana setelah konsumen tersebut mendapatkan berbagai
macam informasi konsumen tersebut akan mengevaluasi alternatif – alternatif
strategis apa saja yang akan dipilih untuk mengatasi permasalahan yang
dihadapinya.
4. Keputusan Pembelian
Merupakan sebuah proses lanjutan
dari mengevaluasi alternatif, dimana konsumen akan membuat keputusan pembelian
suatu produk yang diinginkan. Terkadang konsumen memerlukan waktu yang cukup
lama sebelum konsumen tersebut memutuskan untuk membeli produk yang diinginkan,
karena adanya hal-hal yang masih perlu dipertimbangkan.
5. Evaluasi Pasca-Pembelian
Merupakan sebuah proses setelah
konsumen membeli suatu produk, dimana konsumen akan mengevaluasi apakah produk
tersebut sesuai dengan keinginannya. Didalam proses ini, dapat terjadi kepuasan
dan ketidakpuasan konsumen. Konsumen akan merasa puas jika produk yang telah
dibeli sesuai dengan keinginannya dan selanjutnya akan meningkatkan permintaan
terhadap merek produk tersebut pada masa yang akan datang. Tetapi sebaliknya,
konsumen akan merasa tidak puas jika barang yang telah dibeli tidak sesuai
dengan keinginannya dan hal ini akan menurunkan permintaan konsumen pada masa
yang akan datang.
Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi
Keputusan Pembelian
Terdapat lima faktor internal
yang relevan terhadap proses pembuatan keputusan pembelian, yaitu:
1. Motivasi (Motivation)
Merupakan suatu dorongan yang
terdapat dalam diri seseorang guna mencapai suatu tujuan tertentu.
2. Persepsi (Perception)
Merupakan hasil dari pemaknaan
atau pandangan seseorang terhadap suatu kejadian yang dihadapinya berdasarkan
pada informasi dan pengalamannya terhadap kejadian tersebut.
3. Pembentukan
Sikap (Attitude Formation)
Merupakan penilaian yang terdapat
dalam diri seseorang, yang mencerminkan sikap suka atau tidak suka seseorang
terhadap suatu hal.
4. Integrasi (Integration)
Merupakan gabungan antara sikap
dan tindakan. Integrasi merupakan respon terhadap sikap yang diambil. Perasaan
suka akan mendorong seseorang untuk membeli suatu produk, sebaliknya perasaan
tidak suka akan membuat seseorang untuk tidak membeli suatu produk.
Evaluasi alternatif
Evaluasi
Alternatif merupakan suatu proses dimana suatu alternatif pilihan dievaluasi
dan dipilih oleh konsumen. Pada tahap evaluasi konsumen harus:
1).
Menentukan kriteria yang akan digunakan untuk menilai alternatif,
2).
Memutuskan alternatif mana yang akan dipertimbangkan,
3). Menilai
kinerja dan alternatif yang dipertimbangkan dan
4). Memilih
dan menerapkan kaidah keputusan untuk membuat pilihan akhir.
Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen#Proses_pengambilan_keputusan_pembelian
http://gultomhans.wordpress.com/2012/11/11/evaluasi-alternatif-sebelum-pembelian/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar