Impulse
buying
Adalah perilaku konsumen yang
melakukan pembelian secara spontan, tanpa perncanaan terlebih dahulu.
Ada beberapa faktor yang
menyebabkan orang membeli sesuatu diluar rencana, yaitu :
1. Hasrat untuk mencoba barang atau merk baru.
1. Hasrat untuk mencoba barang atau merk baru.
2. Pengaruh dari iklan yang
ditonton sebelumnya.
3. Display dan kemasan produk
yang menarik.
4. Bujukan Salesman atau Sales
Promotion Girl.
Strategi produsen dalam menjaring impulse buying diantaranya adalah
sebagai berikut :
1. Komunikasi atau promosi harus
mind catching, misalnya : menggunakan publik figur sebagai bintang iklan.
2. Distribusi : produk harus semudah mungkin diakses oleh konsumen, misalnya : meletakkan produk (permen,coklat,batu battery, dan produk low involvement lainnya) di kasir swalayan atau toko.
2. Distribusi : produk harus semudah mungkin diakses oleh konsumen, misalnya : meletakkan produk (permen,coklat,batu battery, dan produk low involvement lainnya) di kasir swalayan atau toko.
3. Display produk yang menarik.
Sebagian besar konsumen yangmelakukan impulse buying adalah wanita dan
anak-anak. Dan mereka biasanya tertarik dengan kemasan produk yang menarik.
Mengapa fokus pada anak anak ? Walaupun mereka bukan yang pegang uang, dan
tidak memiliki purchasing power yang independen, namun anaka-anak merupakan
influencer yang tinggi dalam memilih barang. Bayangkan bila si kecil tiba-tiba
mogok didepan barang yang diinginkannya, tentu orang tua tidak punya pilihan
lain selain mengabulkan permintaannya.
4. Produk yang inovatif : konsumen cenderung mencoba produk produk baru. Dan, bisanya produk yang hanya rata rata, memiliki potensi yang rendah dalam menarik impulse buying. Usahakan produk Anda seinovatif mungkin, baik dari kualitas maupun kemasannya.
4. Produk yang inovatif : konsumen cenderung mencoba produk produk baru. Dan, bisanya produk yang hanya rata rata, memiliki potensi yang rendah dalam menarik impulse buying. Usahakan produk Anda seinovatif mungkin, baik dari kualitas maupun kemasannya.
Sumber:
//id.shvoong.com/business-management/marketing/2024568-impulse-buying/#ixzz29GcXblDr
Tidak ada komentar:
Posting Komentar