Ceruk Pasar atau Niche
Market
Dapat diartikan sebagai celah
pasar yang dapat direbut oleh produsen/pedagang dari kompetitor yang memasarkan
suatu produk sejenis sehingga jumlah konsumen semakin banyak lagi yang
terjaring memanfaatkan / membeli produk mereka.
Strategi ceruk pasar adalah
strategi menjadi pemimpin pasar di pasar yang kecil (ceruk). Strategi ceruk
pasar memungkinkan perusahaan dengan pangsa pasar kecil dibandingkan pasar
keseluruhan dapat memperoleh laba besar. Strategi ini pada intinya melakukan
spesialisasi, misalnya spesialisasi ciri produk, spesialisasi geografis,
spesialisasi harga-kualitas, spesialisasi pelanggan, spesialisasi pelayanan,
spesialisasi pemakai akhir, spesialisasi pesanan, spesialisasi produk atau lini
produk, spesialisasi saluran, spesialisasi ukuran pelanggan dan spesialisasi
vertikal. Betadine menggunakan strategi ceruk pasar, yaitu menjadi pemimpin
pasar dari obat luka yang merupakan bagian kecil dari pasar obat. Betadine menggunakan
strategi spesialis harga-kualitas, yaitu dengan kualitas yang baik, maka
menawarkan dengan harga lebih mahal 100 % dari harga pesaing, sehingga
memperoleh laba cukup besar. Untuk mempertahankan citra yang bagus, Betadine
melakukan public relations terutama di arahkan ke rumah sakit dengan terus
memperkenalkan teknologi melalui juru bicara yang mengarah kepada anjuran para
dokter. Demikian pula Tropicana Slim juga menggunakan strategi ceruk
pasar untuk produk gula sehat. Tropicana Slim juga menggunakan strategi
spesialis harga-kualitas, yaitu kualitas tinggi dengan harga di atas rata-rata
pesaing.
5 Hal yang Harus Dipahami Dalam Ceruk Pasar
1. Memasarkan ceruk yang efektif memerlukan ceruk pasar yang
jelas, Di tahap awal perencanaan, anda ingin memperjelas siapa target audien
marketing anda. Jika anda tidak dapat menetapkannya dengan jelas, maka anda
akan kesulitan menemukannya. Setelah anda memasarkan pada kelompok ini, kemudian
anda ingin memperluas pasar; tapi untuk memulainya, anda harus mengarak ke
kelompok ini.
2. Memasarkan ceruk yang efektif memerlukan anda, sebagai marketer, menetapkan minat target audien anda. Apa yang paling diinginkan audien anda? Apakah produk yang sudah ada di pasar, namun dengan tambahan fitur yang belum ada dimanapun? Jika kasusnya demikian, maka anda menyasar pada kelompok tersebut dan menawarkan fitur yang diinginkan.
3. Memasarkan ceruk yang efektif memerlukan setidaknya kredibilitas dari pembeli tetap yang terkait dengan ceruk tersebut. Jika mereka telah memiliki produk favorit, mereka akan memberikan sedikit minat pada anda dan produk yang anda tawarkan, kecuali anda memberikan alasan mengapa anda adalah alternatif yang patut diperhitungkan. Anda dapat melakukannya dengan berbagai cara, namun mungkin yang terbaik adalah bekerja sama dengan pihak lain yang tidak bersaing secara langsung.
4. Memasarkan ceruk yang efektif memerlukan persiapan yang matang. Jika anda merencanakan mengeluarkan produk baru dimana orang akan membeli pada ceruk tersebut, anda bisa melakukan pengujian beta pada pembeli tertentu. Biarkan mereka menggunakan produk anda secara gratis, sehingga mereka dapat memberikan kritikan, yang merupakan sarana bagi anda untuk meningkatkan produk, memperbaiki fitur, dan melakukan penambahan yang dapat meningkatkan nilai produk secara signifikan.
5. Memasarkan ceruk yang efektif juga memerlukan bukti sosial. Sekali lagi, kembali pada menetapkan kredibilitas: untuk memasarkan pada kelompok terpilih, yang telah menggunakan produk favoritnya, dan anda ingin memberikan buki mutu produk anda. Anda dapat melakukannya melalui blog, demo produk, dan meminta komentar di blog.
2. Memasarkan ceruk yang efektif memerlukan anda, sebagai marketer, menetapkan minat target audien anda. Apa yang paling diinginkan audien anda? Apakah produk yang sudah ada di pasar, namun dengan tambahan fitur yang belum ada dimanapun? Jika kasusnya demikian, maka anda menyasar pada kelompok tersebut dan menawarkan fitur yang diinginkan.
3. Memasarkan ceruk yang efektif memerlukan setidaknya kredibilitas dari pembeli tetap yang terkait dengan ceruk tersebut. Jika mereka telah memiliki produk favorit, mereka akan memberikan sedikit minat pada anda dan produk yang anda tawarkan, kecuali anda memberikan alasan mengapa anda adalah alternatif yang patut diperhitungkan. Anda dapat melakukannya dengan berbagai cara, namun mungkin yang terbaik adalah bekerja sama dengan pihak lain yang tidak bersaing secara langsung.
4. Memasarkan ceruk yang efektif memerlukan persiapan yang matang. Jika anda merencanakan mengeluarkan produk baru dimana orang akan membeli pada ceruk tersebut, anda bisa melakukan pengujian beta pada pembeli tertentu. Biarkan mereka menggunakan produk anda secara gratis, sehingga mereka dapat memberikan kritikan, yang merupakan sarana bagi anda untuk meningkatkan produk, memperbaiki fitur, dan melakukan penambahan yang dapat meningkatkan nilai produk secara signifikan.
5. Memasarkan ceruk yang efektif juga memerlukan bukti sosial. Sekali lagi, kembali pada menetapkan kredibilitas: untuk memasarkan pada kelompok terpilih, yang telah menggunakan produk favoritnya, dan anda ingin memberikan buki mutu produk anda. Anda dapat melakukannya melalui blog, demo produk, dan meminta komentar di blog.
Sumber:
http://pengusahamuslim.com/5-hal-yang-harus-dipahami-dalam-ceruk-pasar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar