Sumber
Daya Konsumen
Sumber Daya
Konsumen adalah semua pendapatan atau kekayaan yang dimiliki seorang konsumen
yang bertujuan untuk menentukan apa yang akan dibeli oleh konsumen (keputusan
konsumen). Sumber daya konsumen terhadap pembelian terkait dengan
pendapatan yang didapat setiap konsumen. Tinggi atau rendahnya pendapatan
konsumen, mempengaruhi pengeluaran mereka terhadap suatu barang.
Terdapat 3
macam sumber daya konsumen yaitu:
1. Sumber
Daya Ekonomi – Uang
Sumber daya
Konsumen dipengaruhi oleh potensi sumber daya ekonomi, atau biasa dikenal
dengan potensi ekonomi. Keadaan ekonomi konsumen sangat mempengaruhi konsumen
tersebut dalam mengambil suatu keputusan. Keputusan konsumen sehubungan dengan
produk sangat dipengaruhi oleh jumlah sumber daya ekonomi yang dimiliki
pada saat ini maupun pada masa yang akan datang. Berikut ini adalah pembagian
sumber daya ekonomi (pendapatan) konsumen, yaitu:
a) Sumber
daya ekonomi individu.
b) Sumber
daya ekonomi keluarga.
c) Sumber
daya ekonomi rumah tangga.
Selain
pendapatan, sumber daya ekonomi lainnya yaitu kekayaan (asset / nilai bersih)
dan kredit. Kekayaan seseorang berkorelasi dengan pendapatan orang tersebut.
2. Sumber
Daya Temporal – Waktu
Waktu
menjadi salah satu variabel yang semakin penting dalam memahami perilaku
konsumen. Banyak konsumen yang semakin mengalami kemiskinan akan waktu, karena
kesibukan dalam kegiatan sehari-hari. Namun demikian ada suatu bagian waktu
yang dihabiskan untuk kegiatan yang sangat peribadi yaitu waktu senggang.
Secara historis, anggaran waktu konsumen dianggap memiliki dua komponen, yaitu
waktu kerja dan waktu senggang. Menurut Lane dan Lindquist, anggaran waktu
konsumen terbagi atas:
a) Waktu
yang menghasilkan pendapatan
b) Waktu
terikat (wajib dan non-wajib)
c) Waktu
tidak terikat (terencana dan tidak terencana)
3. Sumber
Daya Kognitif – Perhatian
Sumber daya
kognitif menggambarkan kapasitas mental yang tersedia untuk menjalankan
berbagai kegiatan pengolahan informasi. Karena kapasitas tersebut terbatas,
orang harus selektif dalam apa yang mereka perhatikan dan berapa banyak perhatian
dialokasikan selama pengolahan informasi. Perhatian terdiri dari dua dimensi:
a) Arahan
(direction) menggambarkan fokus perhatian
b) Intensitas
mengacu pada jumlah kapasitas yang difokuskan pada arahan tertentu.
Sumber:
Dari berbagi sumber
Thank's Infonya Bray .. !!!
BalasHapuswww.bisnistiket.co.id